PEMBUATAN 3D REALISTIC CAR ANIMATION

Authors

  • Can Whardana Saragih Universitas IBBI

Keywords:

Blender, Animasi 3D, 3D Modeling, Animasi Mobil

Abstract

Di dalam multimedia, perangkat lunak animasi dan model banyak macamnya. Misalnya Blender, merupakan program standar model 3 dimensi berbasis Windows. Blender dapat digunakan untuk 3D modeling, animasi 3D. Pilihan yang tepat para Animator, untuk pembuatan object virtual akan sangat membantu dalam modeling objek seperti mobil. Mobil dapat menjadi salah satu contoh yang mewakili jenis objek animasi tersebut karena mobil merupakan salah satu sarana transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat dan dapat menjadi salah satu media hiburan visual dalam bentuk animasi 3 dimensi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Multimedia Development Live Cycle (MDLC) yang dikembangkan oleh (Luther, 1994). Pada tahap ini akan dilakukan pengujian pada hasil desain yang telah dimaksimalkan. Tahap pengujian ini dilakukan dengan melihat hasil video animasi secara teliti berulang-ulang sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya. Tujuan nya adalah untuk melihat kembali apakah ada terdapat beberapa kesalahan pada video seperti apakah cara mengambilan video yang tidak lancar ataupun ada hal yang kurang baik ataupun ada hal yang lainya. Kesimpulan dari proses pembuatan animasi ini adalah menggunakan perangkat lunak Blender dan perangkat lunak pendukung lainnya seperti Adobe Premiere Pro dan Davinci Resolve. Pendekatan yang digunakan melibatkan Teknik Low Poly Modeling untuk menciptakan bentuk mobil yang mendekati aslinya. Selain itu, metode animasi Keyframe digunakan secara manual dari awal hingga akhir untuk menciptakan serangkaian animasi yang terlihat nyata.

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Saragih, C. W. (2024). PEMBUATAN 3D REALISTIC CAR ANIMATION. Skena Tekonologi, 1(1), 43–48. Retrieved from https://ejournal.ibbi.ac.id/index.php/ST/article/view/5