PERANCANGAN ANIMASI 3D PADA BATAK MUSEUM TOMOK SIMANINDO SAMOSIR

Authors

  • Juni Yesti Malau Universitas IBBI

Keywords:

Batak Museum Tomok, Animasi 3D, Vidio

Abstract

Batak Museum Tomok merupakan salah satu wisata yang berada di Tomok Simanindo kabupaten Samosir. Museum ini sebagai tempat wisata yang memiliki berbagai jenis koleksi peninggalan sejarah yang dapat digunakan untuk menambah wawasan dan juga sebagai tempat rekreasi. Seiring dengan berkembangnya zaman museum memiliki makna yang sangat luas bagi masyarakat. Dalam skripsi ini peneliti membuat animasi 3D dengan tujuan memperkenalkan museum kepada masyarakat. Manfaat penelitian dengan adanya animasi 3D dapat membuat masyarakat mengenal museum dan mengetahui berbagai jenis peninggalan sejarah batak toba. Dalam perancangan dan pembuatan animasi ini peneliti menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle), yaitu concept, design, material, collecting, assembly, testing dan distribution. Dalam perancangan animasi ini peneliti menggunakan software SketchUP sebagai aplikasi utama untuk merancang objek-objek 3 dimensi dan dibantu dengan software Lumion untuk rendering animasi dan kemudian disempurnakan menggunakan Filmora untuk membuat hasil video yang lebih menarik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa animasi 3D dapat dijadikan sebagai media promosi, informasi, dan hiburan bagi masyarakat luas.

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Malau, J. Y. (2024). PERANCANGAN ANIMASI 3D PADA BATAK MUSEUM TOMOK SIMANINDO SAMOSIR. Skena Tekonologi, 1(1), 33–42. Retrieved from https://ejournal.ibbi.ac.id/index.php/ST/article/view/4