PENGARUH HARGA, GAYA HIDUP DAN DESAIN PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULOS UD TIARMA PEMATANG SIANTAR
Keywords:
harga, desain produk, gaya hidup, minat beliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, desain produk, dan gaya hidup terhadap minat beli konsumen kain Ulos di UD Tiarma Konta Siantar. Penelitian deskriptif kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel secara konviniens. Uji hipotesis dalam penelitian menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen langsung dari UD Tiarma Konta Siantar. Penulis menemukan adanya pengaruh harga secara signifikan dan positif terhadap minat beli, desain produk dan gaya hidup berpengaruh signifikan dan positif secara masing-masing terhadao minat beli konsumen. Koeisien adjusted R squared menunjukkan bahwa model penelitian ini mampu menjelaskan variabel minat beli kain ulos di UD Tiarma Kota Siantar.
References
Dodds, W. B., Monroe, K. B., & Grewal, D. (1991). Effects of Price, Brand, and Store Information on Buyers’ Product Evaluation. Journal OfMarketing Research, XXVIII(August), 307–319.
Hasan, G., & De Utami, N. A. (2024). The Influence of Product Quality, Price, Promotion, Lifestyle, and E-WOM On Purchase Decision of Thrift Apparel Mediated by Purchase Intention. International Journal of Social Science Humanity & Management Research, 3(02). https://doi.org/10.58806/ijsshmr.2024.v3i2n03
Juliana, J., Limayurid, A. S., Adirestuty, F., Ridlwan, A. A., Rusmita, S. A., & Ismail, S. (2023). Intention to buy halal food through the ShopeeFood application on Generation Z Muslims. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 1759–0817. https://doi.org/10.1108/JIABR-04-2023-0120
Kenesei, Z., & Todd, S. (2003). The use of price in the purchase decision. Journal of Empirical Generalisations in Marketing Science, 8(January 2003), 1–22.
Valaei, N., & Nikhashemi, S. R. (2017). Generation Y consumers’ buying behaviour in fashion apparel industry: a moderation analysis. Journal of Fashion Marketing and Management, 21(4), 523–543. https://doi.org/10.1108/JFMM-01-2017-0002
Vuković, M. (2024). Generational differences in behavioral factors affecting real estate purchase intention. Property Management, 42(1), 86–104. https://doi.org/10.1108/PM-11-2022-0088
Zuliarni, S., Kartikasari, D., Hendrawan, B., & Windrayati Siregar, S. S. (2023). The impact of buying intention of global fashion on local substitute: The role of product design and price. Heliyon, 9(11), e22160. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e22160
Alfin NF Mufreni (2016), Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan bahan kemasan terhadap minat beli konsumen “Studi kasus the hijau serbuk Tocha”. Jurnal Ekonomi Manajemen Volume 2 Nomor 2 (November 2016)
Colin (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 1, 2017: 176-203
Fandy Tjiptono, (2005), Strategi Pemasaran, Edisi Keempat, Yogyakarta: Penerbit Andi
Ferdinand. (2002). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta
_____(2006). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta
Ghozali, Imam., 2016. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit UNDIP
Gunarso.2005. Komunikasi Pemasaran.Jakarta
Heru Santoso dan Yoyok Sosatio (2014), Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli nokia lummia 520 di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen | Volume 2 Nomor 2 April 2014
I Made Widya Suraputra dan Gede Ketut Warmika (2017), “Pengaruh Gaya Hidup terhadap niat Beli Sepeda Motor Sport Honda Yng telah dimedifikasi dengan Sikap”. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 1, 2017: 176-203 ISSN:2302-8912
Indrayani, Linda. 2013. Peran Persepsi Kualitas Produk Dalam Memediasi Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Niat Beli Handphone Samsung Galaxy di Kota Denpasar.
J William. (1997). Strategi Pemasaran (2th Eds.). Yogyakarta.
Kamaluddin, Pengaruh Gaya Hidup terhadap Minat Beli Konsumen dalam Berbelanja online (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE BIMA). Jurnal
____(2002). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran.Jakarta
Kinnear dan Taylor (2013). Manajemen Pemasaran, edisi millennium, jilid 1. Jakarta
Kotler dan Amstrong. 2010. Principles of Marketing. 13 Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler dan Keller, (2014), Priniple of Marketing, 14 Edition England: Pearsin Education , inc.
____Kotler dan Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 . New Jersey: Pearson Prentice Hall
Kotler,Philip., dan Amstrong, Gary. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kotlerdan Amstrong , (2001), Priniple of Marketing, England: Pearsin Education
Muhammad Fakhru Rizky Nst Dan Hanifa Yasin (2014), Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat beli Peumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. JURNAL MANAJEMEN & BISNIS VOL 14 NO.02 OKTOBER 2014
Ruri Putri Utami dan Hendra Saputra(2017), Pengaruh Harga dan kualitas produk terhadap minat beli sayuran organic di pasar sambas Medan. Jurnal Niagawan Vol 6 No 2 Oktober 2017
Rusydi (2005). Management Strategy. Yogyakarta
Setiadi.2015. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Stanton (1995). Prinsip-prinsip Pemasaran Jakarta: Erlangga
Stanton,Wlliam J. (2010). Prinsip-prinsip Pemasaran (7th ed.). Jakarta: Erlangga
Sugiyono 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.
Sunyoto (2008). Marketing *EdisiBaru*. Jakarta: MedPress
_____(2011). Marketing Jakarta
Suroso dan Iriani (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi minat beli Baju “MINT” Di Counter Java Mall Semarang. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggal
____dan Iriani (2014), Pengaruh Inovasi produk dan harga terhadap Minat beli Mie sedap cup di kelurahan ketintang, Surabaya”
Swasta, Basu dan Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty
Swasthadan Irawan, Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk , dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kain Batik Mirota Surabaya, Jurnal diakses 17Agustus 2017 dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.
Tjiptono. (2008). Manajemen Pemasaran : Analisa PerilakuKonsumen. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Candra Manihuruk, Ahmad Saputra, Alexander Barus, Yusdiana Yusdiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.