PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2023

Authors

  • Petrus Gani Universitas IBBI
  • Hasrul Siregar Universitas IBBI
  • Mipo Mipo Universitas IBBI
  • Geby Selvia Siregar Universitas IBBI

Keywords:

Dimensi Ekonomi, Dimensi Lingkungan, Dimensi Sosial, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social resposibility terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tanggung jawab perusahaan terhadap nilai perusahaan selama dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2023 yang berjumlah 55 perusahaan dan sampel penelitian 11 perusahaan. Teknik analisa data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji f, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dimensi ekonomi, dimensi lingkungan dan dimensi sosial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan bahwa dimensi ekonomi, dimensi lingkungan dan dimensi sosial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Besarnya koefisien determinasi sebesar 0,438 artinya kemampuan variabel dimensi ekonomi, dimensi lingkungan dan dimensi sosial menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel nilai perusahaan sebesar 43,8% sedangkan sisanya sebesar 42,8% merupakan variabel pengungkapan lainnya tidak diungkapkan oleh perusahaan dalam penelitian ini. Kesimpulan menyatakan bahwa secara parsial dan simultan, dimensi ekonomi, dimensi lingkungan dan dimensi sosial berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2019 – 2023.

References

Afifah, N., Astuti, S. W. W., & Irawan, D. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(3), 346–364. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i3.4644

Cahya Utami, R. L. (2019). Pengaruh Pengungkapan Ekonomi, Lingkungan Dan Sosial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Antara. Perspektif Akuntansi, 2(3), 269–288. https://doi.org/10.24246/persi.v2i3.p269-288

Dura, J. (2022). Pengungkapan Sustainability Kinerja Ekonomi Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur. MDP Student Conference, 1(1), 47–53. Retrieved from https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1666%0Ahttps://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/download/1666/614

Dwi Wardani, D., & Sa’adah, L. (2020). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. AKTIVA Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 5(1), 15–28.

Elpanso, E., & Humairoh, I. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating Studi Pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 12(2), 237–248.

Irawan, A., Ovami, D. C., Prima, A. P., & Putri, A. P. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 341–348. https://doi.org/10.46576/bn.v6i1.3114

Khofifah, D. N., Meiriasari, V., & Pebriani, R. A. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2019). Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 3(1), 17–25. https://doi.org/10.47747/jbme.v3i1.620

L Erdian Sandi Wiranata, Elin Erlina Sasanti, & Robith Hudaya. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Tahun 2017-2021. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(2), 19–31. https://doi.org/10.29303/risma.v3i2.554

Leki, R., & Christiawan, Y. J. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Penjualan dan Biaya Operasional Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011. Business Accounting Review, 1, 1–13.

Pratama, M. F. G. P., Purnamawati, I., & Sayekti, Y. (2020). Analisis Pengaruh Kinerja Lingkungan Dan Pengungkapan Sustainability Reporting Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 17(2), 110. https://doi.org/10.19184/jauj.v17i2.12517

Primawati, D. A., & Andajani, A. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan (JIAKu), 2(3), 304–325. https://doi.org/10.24034/jiaku.v2i3.6112

Puspitasari, E., & Ermayanti, D. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Perusahaan Perbankan BUMN Go Public yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2011-2018). SNEB : Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.409

Ratnasari, G. D., & Yusuf, A. A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(2), 594. https://doi.org/10.24912/jpa.v2i2.7624

Saraswati, A. M., Oktafiana, N. F., Wardani, P. K., & Sari, S. P. (2019). Corporate Social Responbility pada Nilai Perusahaan Klasifikasi Industri Agrikultur di Bursa Efek Indonesia. Seminar Nasional Dan The 6th Call for Syariah Paper Uniiversitas Muhammadiyah Surakarta, 431–439. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/11401

Sari, R. N., & Praptoyo, S. (2019). Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 1–18.

Sejati, B. P., & Prastiwi, A. (2019). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Dan Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 4(1), 1–12.

Sindhudiptha, I. N. S. Y., & Yasa, G. W. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Pada Kinerja Keuangan Perusahaan Dan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(2), 388–405.

Somodiharjo, K., & Supardi. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2017-2020. Prima Ekonomika, 14(02), 1–12.

Yanti, B., & Siswanto, R. (2018). Pengaruh Corporate Sosial Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Konstruksi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(3), 1–17. https://doi.org/10.31317/jmk.9.3.1-17.2018

Yolanda, L., Bakkareng, & Sunreni. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Jurnal Pengembangan Ilmu Akuntansi & Keuangan, 4(2), 273–294. Retrieved from https://www.ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/PJ/article/view/586

Downloads

Published

13-02-2025

How to Cite

Gani, P., Siregar, H., Mipo, M., & Siregar, G. S. (2025). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2023. Skena Bisnis , 1(2), 74–86. Retrieved from https://ejournal.ibbi.ac.id/index.php/SB/article/view/52