PENGARUH BRAND AWARENESS, EVENT SPONSORSHIP DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM KEMASAN MERK AQUA DI KOTA MEDAN

Authors

  • Andrian Andrian Universitas IBBI
  • Lusiah Lusiah Universitas IBBI
  • Esty Pudyastuti Universitas IBBI

Keywords:

Brand Awareness, Event Sponsorship, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand awareness, event sponsorship, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian air minum kemasan merek Aqua di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji determinasi. Sampel penelitian terdiri dari 160 pelanggan Aqua di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, brand awareness memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian air minum kemasan merek Aqua di Kota Medan. Demikian pula, event sponsorship dan kualitas produk masing-masing berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, variabel brand awareness, event sponsorship, dan kualitas produk bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian air minum kemasan merek Aqua di Kota Medan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya memperkuat brand awareness, mengadakan event sponsorship yang tepat, dan menjaga kualitas produk untuk meningkatkan keputusan pembelian oleh konsumen.

References

Hair, et al. (2010). Multivariate data Analysis. New York: pearson prentice hall.

Kadafi, M., dan H. Mayasari. (2018). Pengaruh Event Sponsorship dan Membership terhadap Brand Image Futsal. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2): 36-53.

Kotler, P.T., Keller, K.L., Brady, M., Goodman, M., Hansen, T. (2019). Marketing Management.

Singapore: Pearson Education.

Kotler, Philip., & Gary Amstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 1. In Erlangga.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tjiptono, Fandy. (2018). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1.Yogyakarta: CV. Andi.

Zakia, M. (2023). Pengaruh Country Of Origin, Event Sponsorship dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Economic, Management and Entrepreneurship, 1(3), 102-110.

Downloads

Published

10-02-2025

How to Cite

Andrian, A., Lusiah, L., & Pudyastuti, E. (2025). PENGARUH BRAND AWARENESS, EVENT SPONSORSHIP DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM KEMASAN MERK AQUA DI KOTA MEDAN. Skena Bisnis , 1(2), 41–50. Retrieved from https://ejournal.ibbi.ac.id/index.php/SB/article/view/49