PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT DAMAI ABADI MEDAN
Abstract
PT Damai Abadi Medan merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi aluminium. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh atribut produk dan relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan PT Damai Abadi Medan. Populasi berjumlah 167 pelanggan dan sampel dalam penelitian ini adalah 118 pelanggan yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan pembagian kuesioner, wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisa data mengunakan uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, análisis regresi linear berganda, determinasi, uji hipotesis secara simultan dan parsial.Kesimpulan dalam penelitian bahwa Atribut Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan PT Damai Abadi Medan, Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan PT Damai Abadi Medan dan Atribut Produk dan Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan PT Damai Abadi Medan dan sebesar 66% dan sisanya 34% dipengaruhi oleh faktor lain di luar dari penelitian ini.
References
Abdullah, Karimuddin Misbahul Jannah; Ummul Aiman, Suryadin Hasda; Zahara Fadilla, Taqwin; Masita; Ketut Ngurah Ardiawan dan Meilida Eka Sari. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Abdussamad, Zuchi. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Syakir Media Press.
Ahmad, Ardat dan Indra Jaya. 2021. Biostatik Statistik dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kencana.
Ahmad. 2020.Manajemn Mutu Terpadu. Makassar: Nias Media Pustaka.
Alfansi, Lizar. 2023. Pemasaran Jasa Finansial. Jakarta: Salemba Empat.
Alfinianto, Abedbego dan Nina Nurhasanah. 2023. “Pengaruh Atribut Produk Dan Relationship Marketing Terhadap Kepuasan PelanggandI PT Dayacipta Kemasindo.” Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi.
Amiruddin, Ahmad Husein Ritonga dan Samsu. 2021. Manajemen Pemasaran Jasa Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta : K-Media.
Anggraeni, Leni, Afrizal Martin, Dian Puspita, Novi Ayu Kristiana Dewi, Marilin Kristina, Erliza Septia Nagara, Bernadhita Herindri Samodera Utami, Noca Yolanda Sari, dan Widi Andewi. 2023. Metodologi Penelitian. Jawa Barat: Adanu Abimata.
Arianto, Nurmin. 2022. Manajemen Pemasaran. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Arinawati, Ely dan Badrus Suryadi. 2019. Penataan Produk untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Astuti, Miguna dan Nurhafifah Matondang. 2020. Manajemen Pemasaran UMKM dan Digital Sosial Media. Yogyakarta: Deepublisher.
Azizah, Fahriza Nurul dan Billy Nugraha. 2021. Pegantar Statistika Industri : Pengenalan Teori Dasar Probabilitas. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Azizah, Fitri Nur. 2020. “Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Pelayanan dan Relationship Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Kas Kediri Tulungaung.” Skripsi.
Chandra, Vivi, Nenny Ika Putri Simarmata, Mahyuddin, Bonaraja Purba, Muhammad Cherul, Abdurozzaq Hasibuan, Tiurlina Siegar, Sisca Karwanti, Romindo dan Jamlaudin. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.
Diamonalisa, Nunung Nurhayati dan Dani Rahman. 2022. Mengolah Data Peneltiian Akuntansi dengan SPSS. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Effendi, Nur Ika, Mumuh Mulyana, Ari Apriani, Andry Stephanie Titing, Hari Nugrohom Denta Purnama, Sri Ernawati, Muhammad Umar, Ismundar, Ash Shadiq Egim, Yulia Nurendah, Mariyah, Titik Purwati dan Desyra Sukma Dewanthi. 2022. Strategi Pemasaran. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Fatihudin, Didin dan M. Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa (Strtagei Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublisher.
Fawzi, Marissa Grace Haque, Ahmad Syarief Iskandar, Heri Erlangga, Nurjaya dan Denok Sunarsi. 2021. Strategi Pemasaran Konsep, teori dan Implementasi.Cipayung: Pascal Books.
Firtriyani, Ika dan Diah Arum Pratiwi. 2021. “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada PT. Telkomsel Sumbawa.” Samalewa Jurnal Riset dan Kajian Manajemen.
Harun, Rustam. H. 2020. “Pengaruh Atribut Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Simpedes Pada BRI Unit Kantor Cabang Palu.” e-Jurnal Katalogis.
Hermawan, Sigit dan Amirullah. 2021. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Malang: Media Nusa Creative.
Ismanto, Hadi dan Silviana Pebruary. 2021. Aplikasi SPSS dan Eviews dalam Analisis Data Penelitian. Yogyakarta:Deepublisher.
Jatiningrum, Citrawati dan Abshar Marantika. 2021. Good Corporate Governance dan Penguakpan Enterprise Risk Management di Indonesia. Jawa Barat: Adanu Abimata.
Kasmir. 2022. Pengantar Metodologi Penelitian (untuk Ilmu Manajemen Akuntansi dan Bisnis. Depok Rajawali Pers.
Khalik, Idham. 2022. Penetapan Atribus Produk dan Harga terhadap Penciptaan Nilai serta Dampaknya pada Kinerja Pemasaran. Cirebon: Insania.
Lutfi, Ardi, Rebas Yogica, Arief Mutaqqin dan Rahmadhani Fitri. 2020. Metodologi Pembelajaran: Strategi Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: IRDH.
Mardikaningsih, Rahayu, Alfansyah Fathur, Nur Chayadi, Andi Kusuma Negara, Khasanah, Fachrazi, Yonette Maya Tupamahu, Purwato, Andina Wijayanti dan Emilia Khristina Kiha. 2022. Pengantar Ekonomi Mikro. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2022. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Mukhadis, A. 2018.Pendekatan Kuantilatif dalam Penelitian Pendidikan Dialektika Prosedur Penelitian Mixed Methods. Malang: Media Nusa Creative.
Mulyono.2018. Berprestasi melalu JFP Ayo Kumpulkan Kreditmu. Yogyakarta: Deepublisher.
Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Nurmawati. 2018. Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian.Malang: Media Nusa Creative.
Octaviani, Via. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Atribut Produk terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen Shopee di Kota Tasikmalaya).” ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin.
Panuju,Redi. 2019. Komunikasi Pemasaran: Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Pianda, Didi. 2018. Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah.
Prapitasari, Ruly dan Nurul Hidayatun Jalilah. 2020. Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Jawa Barat: Adanu Abimata.
Putra, Ramdani Bayu Fitri Yeni, Hasmaynelis Fitri,Yagus Valentino Harefa, Neni Sri Wayuni Ningsih dan Agung Ramdhanu, Hadi Syahputra. 2019. “Dampak Nilai Pelanggan dan Relationship Marketing Dalam Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis.
Putranto, Agung Tri dan Agun Sudrajat. 2021. “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Satisfaction Pada PT BPR Di Tangerang Selatan. Journal of management Review.”
Qomariah, Nurul. 2020. Pentingnya Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung (Studi Pengaruh Customer Value, Brand Image dan Atribut Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Pariwisata Pantai. Jember: Pustaka Abadi.
Rachmat, Zul, Nurlela Jauhar, Fandra Dikhi Januardani, Lady Diana Warpindyastuti, Frans Sudirjo, Rusydi Fauzan, Intisari Haryanti, Adi Ekopriyono dan Denny Rakhmad Widi Ashari. 2023. Strategi Pemasaran. Padang: Global Eksekutid Teknologi.
Rahayu. 2021. Strategi Pemasaran Pariwisata Kepulauan Seribu. Makassar: Nas Media Indonesia.
Rahmawati. 2022. Apa saja Variabel Penelitian dalam Bidang Marketing. Yogyakarta: Deepublisher.
Riyanto, Slamet dan Aglis Andhita Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublisher.
Safitri, Nofa, Erna Retna Rahadjeng dan Chalimatuz Sa’diayh. 2022. Monograf Efektifitas Fintech pada UMKM. Malang: Pustaka peradaban.
Sahab, Ali. 2018. Buku Ajar Analisis Kuantitatif Ilmu Politik dengan SPSS. Surabaya: Airlangga University Press.
Saleh, Muhammad Yusuf dan Miah Said. 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: Sah Media.
Santosa. 2018.Statistika Hospitalitas. Yogyakarta: Deepublisher.
Santoso, Muhammad. 2019. Loyalitas Nasabah PD Bank Perkreditan Rakyat Wilayah Cirebon. Yogyakarta: Deepublisher
Sari, Nedika Dyah Ayu Murika, Dwi Kurniawati dan Septriyani Kaswindiarti. 2023.Manajemen Praktik Kedokteran Gigi. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Sari, Mila Diana. 2022. Perilaku Konsumen. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sari, Purna, H. Chalil dan Englki P. Nainggolan. 2018. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Smartphone Merek Asus Di Kota Palu.” Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako.
Sari, Yunita Kurnia. 2019.” Pengaruh Kualitas Pelayanan, Relationship Marketing Dan Corporate Social Resposibility Terhadap Loyalitas Dan Kepuasan Nasabah Bank.” Jurnal Bisnis & Manajemen.
Sawlani, Dhiraj Kelly, Idris Gautama So, Asnan Furinto dan Mohammad Hamsal. 2021. Competitive Advantage E-CRM Project Innovation Project Organizational Culture Dynamic Capabilities. Surabyaa: Scopindo.
Simanihuruk, Peran, Zilfana, Antonius Prahendratno, Darwis Tamba, Roslinda Sagala, Roby Ahada, Mery Lani Br. Purba, Deddy Rahmad Hidayat dan Sitti Hartini Rachman. 2023.Memahami Perilaku Konsumen Strategi Pemasaran yang Efektif pada Era Digital. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Sinambela dan Sarton Sinambela. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Teoretik dan Praktik. Depok Rajawali Pers.
Sohilait, Emy. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Jember: Cakra.
Sudarso, Heri. 2020. Buku Ajar : Manajemen Pemasaran. Jember: Pustaka Abadi.
Suhardi, Afrizal, Aditya Ahmad Fauzi, Rahmad Firdaus dan Mat Amin. 2023. Kewirauhsaan di Era Society 5.0. Jakarta: Publica Indonesia Utama. Banyumas: Pena Persada.
Supriadi, Iman. 2022. Riset Akuntansi Keperilakuaan Penggunaan Smartpls dan SPSS Include Macro Andre F Hayes. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Surajiyo,qi Nasruddin dan Herman Paleni. 2020. Penelitian Sumber Daya Manusia Pengertian, Teori dan Aplikasi (Menggunakan IBM SPSS 22 for Windows. Yogyakarta: Deepublisher.
Suwitho. 2022. Pengusaha yang Sukses pasti Menjaga Kepuasan Pelanggannya: Sebuah Monograf dari Sudut Pandang Manajemen Pemasaran.
Syafril. 2019. Statistik Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Usman, Husaini dan R. Purnomo Akbar. 2020. Pengantar Statistika : Cara Mudah Memahami Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahjusaputri, Sintha dan Anim Purwanto. 2022.Statistik Pendidikan Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Bintang Semesta Media.
Wahyujati, Bertha Bintari. 2022. Metode Perancangan: Rangkuman Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Wardana, Miko Andi. 2022. Sales and Marketing in New Era. Bali: Intelektual Manifes Media.
Yulianto, Andi, Roby Setiadi, Yenny Ernitawati, Agyztia Premana dan Muammar. 2022. Digital Marketing Revolusi Pemasaran Tradisional Menuju Masa Depan (Disertai Contoh Praktik Iklan Berbayar di Media Sosial). Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Feronica, Errie Margery, Seri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.