PELATIHAN STRATEGI GUERILLA DI PAROKI ST PERAWAN MARIA DIKANDUNG TANPA NODA KATEDRAL KEUSKUPAN AGUNG MEDAN
Keywords:
Guerrilla Marketing, UMKM, Pengabdian Masyarakat, Pemasaran Kreatif, Daya SaingAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas strategi Guerrilla Marketing dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui program pengabdian masyarakat. Guerrilla marketing adalah strategi promosi kreatif dengan biaya rendah yang memanfaatkan elemen kejutan untuk menciptakan dampak besar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus pada umat gereja Cathedral Medan yang telah memiliki usaha, baik usaha secara offline maupun online. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penerapan strategi guerrilla marketing, seperti pemasaran viral, street marketing, dan pemasaran melalui media sosial secara kreatif, mampu meningkatkan keterlibatan pelanggan dan kesadaran merek. Penggunaan pendekatan ini juga mendorong UMKM lebih mudah menyesuaikan diri dalam bersaing secara digital. Pengabdian ini menyarankan integrasi guerrilla marketing ke dalam pelatihan-pelatihan UMKM berbasis pengabdian masyarakat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Waisen Waisen, Hendra Hendra, Awan Awan, Yudi Yudi, Benny Benny

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.