STRATEGI EFEKTIF MEMULAI PERJALANAN DI DUNIA DIGITAL MARKETING

Authors

  • Yeni Risyani Universitas IBBI
  • Susi Japit Universitas IBBI
  • Conrad Bombongan Universitas IBBI
  • Tanda Selamat Universitas IBBI
  • Yuliana Yuliana Universitas IBBI

Keywords:

Digital Marketing, Strategi Bisnis, Pemasaran Digital

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang, pemanfaatan strategi Digital Marketing menjadi kunci keberhasilan bagi pelaku bisnis dari berbagai latar belakang dalam kegiatan ekonomi. Baru-baru ini, Universitas IBBI melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat dengan Menyelenggarkan seminar di Gereja Kadetral Medan yang berlokasi di Jl. Pemuda N.o. 1  AUR, Kec Medan Maimun.  Dengan fokus pada pemberdayaan komunitas melalui pendekatan praktis dalam pemasaran digital. Seminar ini membahas esensi Digital Marketing, perbedaannya dengan pemasaran tradisional, serta peran strategisnya dalam meningkatkan daya saing bisnis modern. Seminar ini juga mengeksplorasi lima pilar utama Digital Marketing yang meliputi : Search Engine Optimization (SEO), Social Media Marketing, Content Marketing, Email Marketing dan Paid Advertising.  Selain itu, seminar ini juga memberikan panduan langkah demi langkah untuk memulai Digital Marketing, mulai dari penetapan tujuan, pengenalan target audiens, pemilihan platform yang tepat, hingga pembuatan konten yang relevan dan efektif. Dengan pendekatan sederhana namun aplikatif, seminar ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi individu maupun kelompok dalam mengoptimalkan potensi bisnis mereka melalui strategi pemasaran digital, sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi komunitas secara inklusif.

Downloads

Published

2025-07-01