Penggunaan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) Pada Pemilihan Produk Terfavorit UMKM Dalam Menentukan Target Pasar
Keywords:
UMKM, Metode SMART, Produk, Sistem Pendukung KeputusanAbstract
Penjualan merupakan nadi setiap usaha baik pelaku bisnis mulai dari skala kecil sampai dengan perusahaan besar. Untuk terjadi penjualan. Barang dalm bentuk fisik tentu akan membutuhkan tempat penyimpan yang lebih besar apabila barang yang dijual semakin banyak baik dari segi kuantiti maupun dari banyaknya produk. Penentuan penilaian produk harus dilakukan dengan acuan standar dan aturan yang sama selama proses penilaian. Adanya kriteria yang menjai patokan standar dalam menentukan produk terfavorit. Pengetahuan data tentang produk terfavorit tentu menjadi langkah awal dalam memenuhi keinginan pasar. UMKM skala kecil belum memiliki sistem pendukung keputusan yang memadai dalam pemilihan produk terfavorit. Untuk mengatasi kendala yang terjadi pada UMKM Skala kecil, peneliti mengusulkan penerapan metode SMART dalam pemilihan produk terfavorit. Walaupun demikian hasil perhitungan perlu dikaji dengan melihat kondisi terhadap kondisi arus kas dan harga pembelian sehingga tidak membebani cash flow UMKM. Sistem Pendukung Keputusan Penerapan Metode SMART pada pemilihan produk terfavorit UMKM dalam menentukan target pasar yaitu hasil perhitungan pemilihan produk terfavorit dapat membantu UMKM dalam memilih barang lebih proposi dan membantu dalam menentukan target pasar. Penerapan beberapa kriteria produk seperti tipe bahan, fungsi, harga, kemasan dan jumlah penjualan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tintin Chandra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.